BERITA MANOKWARI

KOMUNITAS PENA

Subscribe

Kemarin, Manokwari Diguncang Gempa 5,5 SR

Diposting oleh Berita Manokwari on Selasa, 26 Mei 2009

Manokwari– Warga Manokwari kembali dikejutkan oleh gempa yang terjadi Subuh, sekitar pukul 04. 30 WIT, Minggu (24/5).
Guncangan gempa ini tak terlalu kuat. Namun warga yang terbangun dari tidurnya tak kuasa menahan rasa kuatir, apalagi saat sadar jika guncangan yang mereka rasakan ternyata akibat gempa.

Yulson Sineri, Observer BMG Manokwari, Minggu yang dikonfirmasi sesaat setelah peristiwa ini mengatakan, gempa itu berkekuatan 5,5 SR dengan lokasi 0.72 LS – 133.20 BT atau 97 KM Barat Laut Manokwari Papua Barat, dengan kedalaman 37 Km.
19 Mei lalu, gempa berkekuatan 4,7 SR juga terjadi sekitar pukul 19.32 WIB dengan lokasi : 0.84 LS – 133,63 BT atau 48 Km Barat Laut Manokwari. Pusat gempa berada pada kedalaman 20 Km.
Menyusul rentetan gempa itu, Yulson meminta semua warga agar mempelajari keadaan saat akan terjadi gempa. Juga penting, kata Wilson, mempelajari apa yang seharusnya diperbuat saat gempa terjadi.
Apalagi, Manokwari merupakan daerah yang berada pada sesar-sesar (pertemuan antar lempeng) yang aktif atau selalu aktif bergerak. Gerak antar lempeng tersebut mengakibatkan terjadinya patahan-patahan yang memicu gempa.
“ Pelepasan energi dan kita rasakan sebagai gempa bumi (earth quake), adalah akibat dari patahan-patahan itu. Dan ini akan berlangsung secara terus menerus, sehingga penting bagi masyarakat agar tetap waspada namun jangan bersikap panik,”saran Yulson. (air/mbun)

0 komentar: