BERITA MANOKWARI

KOMUNITAS PENA

Subscribe

Pustu Terlantar di Saubeba

Diposting oleh Berita Manokwari on Sabtu, 30 Mei 2009

Manokwari- Sejumlah bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu-red) di sepanjang Pantai Utara dan Selatan Manokwari terlantar. Pustu tersebut tidak terawat dan terkesan mubasir.

Contohnya di Kampung Saubeba. Bangunan pustu setempat sudah ditutupi rumput, sehingga hampir tak terlihat dari jalan raya. Sebuah lemari berisi obat-obatan masih berada dilam bangunan yang tidak terkunci itu. Solar Cell Pustu yang terletak dekat Balai Kampung itu juga tidak terawat.
Yustus Ainusi, Kepala Kampung Saubeba. Mengatakan Pustu itui mulai kosong sejak Februari lalu. “Petugasnya tidak tahu kemana. Masyarakat jadi susah kalau mau berobat dorang ke Amban. Itu juga harus keluar uang banyak,” kata Yustus, Selasa (26/5)
Hal sama juga dijumpai pada bangunan pustu di kampung Kampung Mupi, Distrik Manokwari Selatan.
“Tenaga masih kurang. Cuma satu saja,” kata Abram Ayok, Kepala Kampung setempat soal kondisi pustu di wilayahnya
Kepala Suku Besar Arfak, Samuel Mandacan meminta dinas kesehatan memperhatikan hal tersebut. Keberadaan pustu di kampung itu sangat diharapkan warga mengingat jarak ke kota lumayan jauh.
“Tulis disitu, Pustu kosong. Tidak ada tenaga perawat. Kami minta petugas jangan orang asli Papua. Kalau bisa pendatang saja. Supaya bisa tinggal disini dan melayani masyarakat. Dinas kalau sudah tahu tenaga medis kurang, kenapa paksa bangun Pustu. Ini kan terkesan buang-buang uang rakyat,” ujar Samuel dengan nada tinggi. (vesp/m’bun)

0 komentar: