BERITA MANOKWARI

KOMUNITAS PENA

Subscribe

Pileg 2009, Konsolidasi Beringin Rapuh

Diposting oleh Berita Manokwari on Sabtu, 30 Mei 2009

Manokwari– Minimnya konsolidasi internal Partai Golongan Karya (Golkar) mengakibatkan perolehan kursi partai berlambang pohon beringin ini, pada pemilu 2009, berkurang di Provinsi Papua Barat.
Hal ini diakui Amos H May, Sekretaris DPD Partai Golkar Papua Barat, saat ditemui wartawan, Kamis (28/5).

Pada Pemilu 2004, banding Amos, Golkar berhasil menempatkan lima kadernya di DPRD Kabupaten Manokwarti. Namun kali ini, jika didasarkan pada hasil pemilu, partainya hanya mampu meraih tiga kursi.
Sementara untuk DPRD Provinsi di dapil IV Manokwari, pada pemilu 2004, Golkar memperoleh 2 kursi murni plus sisa suara. Sehingga Golkar mendapat 3 kursi. Sedang pada pemilu 2009 ini Golkar hanya mendapat 1 kursi. “Itupun bukan kursi murni, tapi sisa suara, dan bahkan Golkar berada di bawah PDP,” sebutnya.
Menurunnya perolehan kursi ini, aku Amos, karena minimnya koordinasi dan konsolidasi pengurus Golkar di tingkat Kabupaten maupun provinsi. “Saya sudah berulang kali mengingatkan bahwa konsolidasi sangat penting. Tapi, konsolidasi dalam kota saja tidak ada apalagi pedalaman,” ujarnya.
Secara terbuka politisi yang akrab dengan kaum muda ini memberi apresiasi atas keberhasilan konsolidasi PAN di 29 distrik di Manokwari. Maklum Partai berlambang matahari itu memperoleh suara yang cukup signifikan terutama di daerah pedalaman. “Menurut saya PAN patut dicontohi,” sebutnya pasti.
Kegagalan ini menjadi tanggung jawab fungsionaris Golkar pada semua level kepengurusan. “Kita jangan saling lempar tanggung jawab,” katanya. (Geo/m’bun)

0 komentar: