BERITA MANOKWARI

KOMUNITAS PENA

Subscribe

Speed Boat BB-TNTC Terbakar

Diposting oleh Berita Manokwari on Minggu, 19 April 2009

Manokwari- Sebuah speed boat milik Balai Besar Taman Nasional Teluk Cendrawasih (BB-TNTC), Rabu (15/4) siang, sekitar pukul 12.00 Wit hangus terbakar di dekat KSU. Cinta Nelayan di Anggrem. Atas kejadian ini, kerugian TNTC ditaksir mencapai milyaran rupiah.


Beruntung, lima awak yang berada di atas speed berhasil meloloskan diri dari ledakan. Mereka adalah, Holid, Mesak A, Renold, Ronny dan Yahuda Setia selaku Sang Motoris atau pemegang kemudi.

Ronny, seorang awak yang berada di speed menuturkan, insiden ini bermula ketika ia, bersama empat rekannya hendak mengisi bahan bakar di koperasi tersebut. Saat speed kurang lebih seharga 1,2 M ini ditambat lalu mesin speed dimatikan tiba-tiba muncul percikan api dari bawah kemudi disusul bunyi alarm.

Menyadari gelagat kurang baik, lima awak itu langsung menyelamatkan dengan menceburkan diri kelaut. “Reflek saya dan seorang teman loncat ke laut. Lainnya buka tambatan tali speed,” cerita Ronny dengan pakaiannya yang masih basah kuyup.

Menurut saksi mata, Ruben Bonay yang berada di TKP, kuatir api akan menjalar ke koperasi, bersama awak kapal dan warga lainnya, mereka lalu berusaha menarik perahu itu keluar dari areal koperasi.

“Banyak bensin yang disimpan dalam koperasi, trus disini juga banyak penduduk karena takut akan ada ledakan yang lebih besar, kami berusaha bagaimana pun caranya menarik keluar speed,’ jelasnya kepada wartawan.

Dari pantauan CP berbagai usaha telah dilakukan untuk menjauhkan speed berdaya 400 PK tersebut dari areal koperasi.

Usaha ini berhasil, dimana akhirnya speed tertambat di tanjung PKN. Tepat di depan kantor Kehutanan SPORC, BLK dimana Ronny menceritakan penyebab speed terbakar.
Sejurus kemudian, Yahuda Setia bersama dua rekannya merapat menggunakan motor tempel di pesisir pantai depan Kantor Kehutanan SPORC. Entah apa yang dipikirkan Yahuda, usai melirik speed yang masih dihiasi kobaran api, terlihat matanya sembab lalu mengucurkan air mata.

Rupanya sejak Desember kemarin speed yang biasa digunakan patroli di daerah kepulauan Auri, Wasior ini rusak. Setelah diperbaiki salah satu alatnya, kelima pegawai itu lalu memutuskan membeli bahan bakar kemudian membersihkan perahu tersebut di pulau Mansinam. sayang sebelum ke Mansinam, perahu itu keburu terbakar.

Selain peralatan pelayaran terpasang diatas speed, dua unit laptop dan satu kamera digital milik pegawai ini turut ludes dilalap Si jago merah
“Kalau tidak ada halangan, speed mau digunakan untuk melakukan patroli di daerah kepulauan Auri, Wasior,” ujar Yahuda lirih. (bsr/cp/che)

0 komentar: